Author

Jumat, 30 Desember 2016

[BELITUNG] Mandi Sama Ikan di Pemandian Tirta Merudang Indah

Agenda Sabtu pagi di Belitung untuk yang weekend gateway bolehlah seperti ini:

Lari pagi muterin Pantai Tanjung Tinggi lalu merasa berkeringat dan merasa ada yang salah kalo belum mandi, saran selanjutnya adalah bisa sekalian mandi ke tempat wisata yang ga jauh dari tanjung Tinggi yakni kolam renang pemandian Tirta Merudang Indah buat numpang mandi membersihkan diri.


Rutenya sama seperti mau ke pantai Tanjung Tinggi yang tersohor dengan batu batu raksasanya itu kalo arahnya dari pusat kota. Memakan waktu sekitar 1 jam bermobil atau bermotor.
Tapi kalo ke Tanjung Tinggi belok kiri saat nemu perempatan. Kalo mau ke pemandian  TMI (Tirta Merudang Indah) belok kanan lurus teruuus dan siap siap lokasinya di kiri tapi papan petunjuknya ada di kanan.
Karena di Belitung ga ada traffic dan mostly untuk tempat wisata pasti ada parka penunjuk jalannya, so don't worry you will be lost.

Tempatnya ga mirip pemandian pas masuk, lebih mirip kebun raya karena pohon di mana mana.
jalannya juga belum sepenuhnya dirapihkan, masih seperti mau masuk ke kebun. Tapi don't judge a place by its cover (semoga analoginya masuk), di dalamnya ga akan terlalu mengecewakan, berasa menemukan taman dalam hutan lah kurang lebihnya. tiket masuknya cuma IDR 10.000/orang, kalo bawa motor tambah IDR 1.000 untuk parkir.

Waktu yang disarankan untuk kunjungan adalah pagi pagi, alasannya simple karena belum banyak orang yang mandi bareng bareng di pemandian jam segitu. Dan jangan lupa bawa bekel untuk makan karena tempat ini belum menyediakan jajanan di pagi hari dan food courtnya juga belum buka. menurut info warga sekitar biasanya baru ramai sore dan jajanan baru ada sore juga dari warga yang biasa mangkal.

Kenapa disebutnya pemandian bukannya kolam renang?
Ternyata TMI ini sebenarnya lebih dikenal karena pemandiannya bukan kolam renangnya. Aku rasa kolam renang ditambahkan untuk orang orang yang kurang berminat dengan konsep pemandian yang ditawarkan.

Bedanya kalo kolam renang ya seperti kolam renang yang kebanyakan biasa dipakai.
Dan pemandian bentuknya mirip kolam ikan hingga lumut lumutnya  hingga lantai lantainya bukan dari keramik. Kalo ada yang tau pemandian Cibulan di Kuningan Jawa Barat yang di sana kita bisa renang sama ikan gede gede, kurang lebih seperti itulah bentuk pemandian di sini.
Ada ikannya tapi kecil kecil dan kurang bening aja airnya. Entahlah apakah ini air mengalir atau engga, agak gak keliatan alirannya.

So, TMI worthed untuk dikunjungi atau tidak? Karena ini satu satunya pemandian alam di Belitung, jadi YA.

#5FactAboutTMI:
  1. Ga ada yang teriak teriak 'souvenirnya kakaak, silahkan kakaak'
  2. Kolam renang yang ngadep ke arah hutan itu actually agak creepy sih. Aku renang mondar mandir 2 arah tanpa mendekati ujung yang deket hutan. Parno sendiri.
  3. Ada speaker di food court yang suaranya sampai ke semua area utama TMI termasuk pemandian, dan lagu yang diputar adalah lagu melayu.
  4. Don't too much expectation. Jangan bayangin kaya di Ciater ya, jangan.
  5. Nikmatilah suara burung yang masih jelas terdengar diantara rimbunnya pohon.
Tambahan:
Postingan ini sudah jadi draft dari tahun 2015 dan baru diupload pas lagi keingetan Belitung, hingga dokumentasi fotonya pun entah tersimpan di mana.
Cukuplah dengan bercerita begini saja.

Kurang lebih, segini keijoan airnya. :)) gambar dari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar