Author

Minggu, 24 Mei 2015

Serunya Kompas Kampus di Sabuga Bandung

Siang kemarin sudah berhasil dikompori oleh Mba Wawa, moderator kompasiana, selaku salah satu pengisi acara di #KompasKampus, untuk mulai giat menulis lagi. Jangan berharap tulisan bisa dibaca orang dulu deh, minimal bisa ngeriview udah dapat hal bermanfaat apa aja hari ini. Sukur sukur kalo manfaatnya bisa dirasakan oleh orang yang kelak mungkin akan membaca tulisan ini juga.
Sebelum ngalor ngidul kemana mana, aku mau cerita dulu acara #KompasKampus ini acara apaan. Awalnya aku ga begitu tertarik karena diinfoin dari temen. Kirain semacam pameran jobseeker dengan Kompas Group sebagai penyelenggaranya di kampus kampus (akibat menilai sebelum mencari). Tapi daripada sotoy *sok tau*, googling dulu lah mana tau menarik. Dan ternyataaaa, emang menarik bingiiits. Rugi deh pokoknya kalo ga ikutan *mau pamer mode ON*. #Kompas Kampus menurut aku kreatif dan keren banget konsep eventnya. Kompas TV dateng ke 5 Universitas di seluruh Indonesia dan mengadakan kegiatan yang bertema #CariInspirasi. #CariInspirasi nya ini ya dari acara acara yang mereka selenggarakan selama waktu 2 hari, yaitu 21-22 Mei 2015. Acaranya ada Anchor Hunt dan Seminar Jurnalistik (Radio Journalism diwakili oleh SonoraFM dan RakaFM, Newspaper Journalism diwakili oleh Koran Harian Kompas, dan Drone Journalism diwakili oleh Alex Wibisono sebagai Crew KompasTV) di hari pertama. Sedangkan hari ke dua diisi seminar oleh Kompasiana pada pagi hari dan Talk show Rosi pada sore hari. Bandung sebagai kota ke 4 yang didatangi acaranya bertempat di ITB tepatnya di Sasana Budaya Ganesha atau yang biasa disingkat Sabuga. Udah mah gratis 100% ga ada bayaran terselubung, banyak pengetahuan baru yang bisa didapat, banyak hadiah dan merchandise pula selama acara berlangsung. Hadiahnya dari mulai yang dibagikan cuma cuma, sampe kuis kuis dari sponsor dan puncaknya hadiah undian iPhone 6 cuuuy. Yang paling keren, kita ditaping acara Stand Up Seru.
Selama 2 hari kira kira timeline nya begini dalam pengalamanku sebagai peserta.

Day 1, Jumat, 21 Mei 2015



Aku udah dateng dari pagi banget jam 8 hawatir bakal crowded dan gagal dapet tempat yang strategis buat nonton. Padahal registrasinya ngaret juga, lumayan 1.5 jam nungguin sampai buka loket, karena hari pertama pas masuk tribun kursi kosong masih banyak yang belum bertuan.
  •  9.30 -- Antri registrasi dengan menunjukkan bukti pendaftaran online, harusnya diprint memang tapi beberapa ada juga yang hanya memperlihatkan screenshoot.
hari pertama, masih nunggu loket registrasi dibuka

ngantri yang tertib pas registrasi
  • 10.45 -- Acara pertama baru mulai, Radio Journalism, diisi oleh Pak Victor Yoga perwakilan SonoraFM dan Raka FM
Karena jam jamnya mepet jumatan jadi selama seminar ini pas tengah tengah banyak yang udah keluar duluan ngejar waktu jumatan. Padahal sayang banget kasian sama yang udah fokus merhatiin isi. Peserta dikasih waktu sama MC, A Dian dan Teh Laras, untuk ishoma sekitar jam 11.45-13.00. MC nya juga fun banget, bageur banget karena selalu ngasih ngasih kuis berhadiah. Ada kuis twitter, instagram, atau pertanyaan langsung sama peserta. Durasi MC bisa setengah jam lebih jadi banyak ngalor ngidulnya juga. Apalagi ada MC marketing dari sponsor Torab*ka yang rada konslet. Jadi selang seling gitulah ga bikin BT yang harus konsentrasi pisan sama materi seminar.

Merchandise gratiiis
  • 13.30 – Masuk tribun lagi, kali ini seminar dari Editor Harian Kompas, (maapken Pak aku lupa namanya, duh), bahas tentang dunia Jurnalistik pada media cetak. Yang nanya dapet hadiah dan aku ga termasuk, abaikan.
Ishoma lagi, solat ashar. Makin sore makin rame acaranya. Jeda selama ishoma mostly diisi sama MC Marketing. Kalo udah mau masuk acara baru Teh Laras sama A Dian ambil mic lagi.
  •  15.30 – Materi seminar terakhir di hari pertama, Drone Journalism, diisi oleh crew kompasTV, Mas Alexander Wibisono.tau kan drone, pesawat tanpa awak yang suka diselipin kamera itu loh jadi mau ambil gambar dari atas ga perlu pakai helikopter lagi.  Kalo Mas yang yang ini aku hafal namanya karena berasa suka baca gitu di title akhir acara. Sebelum mulai masuk materi, udah ada drone drone beterbangan, dan itu bikin peserta dadah dadah aja ke kamera drone. Keseruan lainnya mas Alex bikin kuis untuk kultwit tentang materi drone ini dan kultwit yang terpilih nantinya berhak untuk magang di divisi news KompasTV dengan dapat uang saku dan segala akomodasinya ditanggung oleh KompasTV. Aaak envy, by the way yang menangnya udah diumumin di hari ke 2 dan itu ternyata masih orang yang duduk di sebelah aku di hari ke 2. Selamat ya teteh yang duduk disamping aku.

  • 17.00 – StandUp Comedy Seru ! ada 5 komika yang ngocok perut, Bintang yang ngangkat bit tentang gua dan ‘anjing anjing’ nya urang Bandung, Anyun yang mempopulerkan Rancaekek, Pras dengan suara kucing mau kawin, dan 2 lagi aku lupa siapa. Maap mas mas, aku kadang suka ilang pokus.

Hari pertama berakhir dengan memuaskan. Puas ilmunya, puas ketawanya, pulang pulang pas adzan maghrib. Ga kerasa ini acara dari terang ampe gelap. Hebat loh panitianya. Gratis tapi maksimal banget. Terbukti ada 2 LCD yang dipasang untuk sayap kanan dan kiri. Padahal yang penuh dengan penonton hanya di sayap kiri aja, sayap kanan penontonnya kosong plong. Heran deh ini udah gratis tapi orang masih sedikit juga. Gak tau infonya yang kurang, atau orang orangnya yang males dateng, Tapi karena itu masih hari Jumat, which is belum weekend, mungkin orang orang masih punya agenda. Aku harap, besok akan ada lebih banyak kursi yang terisi. Kalo bisa ya semoga penuuh.
Oh ya, mengenai audisi Anchor Hunt, aku rasa acara itu dilaksanakan selama seminar berlangsung di lain tempat. Aku udah liat sih orang orang yang memakai baju rapih, berjas, sepatu pentofel untuk cowok dan sepatu hak untuk cewek, berseliweran di luar tribun. Memang gak ada pengumuman langsung dari panitia yang mau audisi Anchor Hunt harus menuju mana. Itu pure harus kesadaran sendiri cari booth yang bersangkutan atau tanya sama panitia, selanjutnya mungkin mereka di brief langsung. So, ini bukan buat orang iseng yang ga niat dan sekedar mumpung mumpungan.

Day 2, Sabtu, 22 Mei 2015.


Datang agak telat biar ga usah nunggu kaya kemaren. Tapi yang jelas aku jam 10 datang acara masih belum mulai, belum ada pembicara yang mengisi. Dan karena datangnya siang, seat yang didapat pun ga se-strategis hari pertama, but that’s OK. Karena masih ada kesempatan untuk nyari seat lain setelah istirahat Dzuhur.
view dari tempat duduk di hari ke 2, lagi diisi oleh Teh Wawa dari Kompasiana

  • 11.00 – seminar tentang milis Kompasiana, oleh Teh Wawa, sebagai moderator Kompasiana.com. walaupun beliau nyampein materinya cepet cepet karena saking semangetnya, tapi aku ketularan loh untuk mau mencoba menulis lagi. Ini buktinya. Belum berani sampe ke kompasiana baru di blog pribadi aja dulu. Yang paling ngena itu  kata Beliau “Kalian ini tinggal di Bandung loh, ada banyak hal di Bandung yang bisa kalian gali dan bisa bermanfaat untuk orang orang dari kota lain yang datang ke Bandung. Contoh kecilnya saya nyari hotel dekat Sabuga, ternyata masih sedikit blogger yang bahas mengenai hal itu. Bahkan hal kecil yang kalian pikir ga ada apa apanya, itu bisa bermanfaat untuk orang lain.” So yeah, here i am. Writing and willing to continue my blogging activity. Next mungkin bisa join juga dengan milisnya Kompasiana.

Ishoma lagi, solat Dzuhur. Acara setelah dzuhur ini yang paling ditunggu tunggu. Talk show with Rosiana Silalahi. Aku kira Teh Rosi ini tadinya Cuma presenter KompasTV aja, tapi berkat kuis kuis dari MC, jadi tau kalo Teh Rosi itu Pemimpin Redaksi KompasTV. That’s Cool.
Selama Ishoma, acara di dalam diisi dengan pengumuman pemenang Audisi Anchor Hunt kemarin. Katanya mereka udah bersaing dengan ratusan peserta dan sudah di coaching di hari pertama. Ini semakin menguatkan asumsiku kalo mereka kemaren seharian ga ikut seminar tapi fokus di Anchor Hunt. Karena aku ga gitu ngeh sama detailnya, so i skip this content.
Habis dzuhur, gak sempet nyari makanan di luar, habis solat langsung masuk tribun lagi, gak mau ketinggalan acaranya Teh Rosi dong. Tapi pas mau masuk  ketahan sama gladi resik sebelum taping. Ngantrilah dulu kita di depan pintu masuk. Suara suara meriah dari dalam mengindikasikan ada hal seru yang lagi perform. Tabuhan suara tong yang berirama menggenderangkan  lagu “Manuk Dadali” dan “All About That Bass” bikin makin penasaran. Wah ternyata GrupTatalu yang lagi beraksi. Mereka sebagai welcoming party untuk menyambut Teh Rosi nanti pas masuk, untung masih gladi resik. Yang paling sibuk di gladi resik siapa? Aku rasa para FD alias Floor Director. Jujur selama baru masuk tribun aku udah salut sama FD cewek yang cool ini. Setelah stalking akhirnya aku tau akun IG nya, yaitu, teteh cobbyyulia. Canggih ya jaman sekarang penasaran dikit sama orang bisa ketauan siapa orang itu, padahal aku sama sekali gak tau namanya, tapi aku tau karena nyambung dari akun IGnya KompasTV. She’s cool. FD like, Boss On The Floor. Menata para talent agar sesuai dengan arahan Show Director di panggung, mengkondisikan agar penonton bisa duduk anteng selama taping jangan mondar mandir yang bisa aja ke shoot ama kamera, sampai mengatur tatanan tempat duduk penonton agar dapet angel yang oke dan terkesan penuh selama acara berlangsung. Karena hal ini juga angel pengambilan gambar difokuskan ke sayap kiri sabuga, dan sayap kanannya di kosongkan, akibatnya kursi kursi kosong juga dirapihin lagi. Sayang banget ga sih kalo kursi kursi ini mereka sewa juga. Harga kursi futura sewa sehari bisa 1500-3000-an pr pc kalo aku ga salah inget (nostalgia kerjaan dulu ngatur budgeting buat acara). Sampai pengaturan waktu juga teh Cobby ini yang atur, itu loh kalo waktunya tinggal 5 menit lagi, tar doi ngasih aba aba pakai kertas biar keliatan pengisi acara di panggung. Masih banyak mungkin FD selain Teh Cobby, Cuma yang paling keliatan kesana sini ya doi. Salut lah.
  • 14.30 – Talk show with Rosi begin. Aku rasa inilah salah satu puncak acaranya. Tema talkshownya memang ga bikin aku exited banget. ‘Apa Kabar Gerakan Mahasiswa?’ itu semacam tema yang berat kan? Mahasiswa jaman sekarang kayaknya udah ga minat aja ikut ikutan bakar ban buat demo menyuarakan aspirasi mereka. But this talk show invited Raditya Dika as one of speaker. Itulah yang bikin talkshownya bisa diterima dengan cengiran dan tawa yang hangat dari para penonton. Eh bukan tawa yang hangat deh, tapi tawa yang terbahak sesekali berkat Raditya Dika yang opininya ke alay-an tapi masuk akal sekali. Ada 3 narasumber yang hadir. Bapak Arifin Panigoro, alumni ITB angkatan 60 an yang dulunya penggerak gerakan mahasiswa dan ikut dalam penurunan Suharto, and what amaze me is, beliau ini salah satu konglomerat di Indonesia. Ada quote beliau kemaren yang aku iyakan sekali adalah kurang lebih begini “Kan saya sadar saya belet, jadi saya harus bekerja 2x lebih keras dari orang pintar. Saat orang orang bekerja 8 jam, saya bekerja 16 jam.” Itu jawaban untuk pertanyaan jlebb nya Teh Rosi “Selain berdemo kalau di luar kampus waktu luang Bapak ngapain aja?”. Speaker ke 2, Bapak Fajrul, yang ini aku agak familiar, ini Fajrul yang suka ada twitwar itu bukan? Entahlah, ga minat stalking, yang jelas beliau pernah mencalonkan diri sebagai president Independent saat pemilu melawan SBY. Yang paling unyu tentu saja Raditya Dika. Doi ini belum ngomong aja orang udah kewata loh, mimiknya itu komik banget, kamera selalu berhasil nangkap raut mukanya Radit yang lebih banyak manyun memble nya daripada muka normal lainnya. Maap ya bang Dika, tapi abang emang unyu banget, terlepas dari alay dan lain lainnya. I agree with your opinion.Well aku gak bisa nulis lebih banyak di sini karena konten acaranya masih dirahasiakan oleh KompasTV. Anggaplah ini spoiler ga penting.

beberapa saat sebelum Talk Show with Rosi, setelah Grup Tatalu perform, sebelum gadget dilarang dipakai.

  • 17.30 – StandUp Seru! Ada 5 komika lagi masih dari SUCI 4, namun yang paling aku nikmatin bitnya komika asal Medan. Kak Gita Butar Butar atau biasa dipanggil Bhebhita. Sekilas kaya singkatan Bebe Cabita ya. Bentuk tubuhnya aja yang subur pasti mudah diingat orang. Doi penyiar juga di radio TraxFM. Materi bit di hari ke 2 lebih banyak konten dewasa sih. I am not really ketawa sengakak ngakak dan sesakit perut kaya hari pertama. Nama gugusan para mantan malah yang paling aku ingat. Itu loh. GusMan.

TRIVIA (alias info yang ga penting penting banget)

  1. Kalo kalian ada yang ikut acara ini untuk ketemu Raditya Dika dan dapat iphone 6, kelar dah urusannya. Iya, ada undian di akhir acara berhadiah iphone 6 dooong. Yang dapet pasti malemnya udah solat tahajud dilanjut solat hajat.
  2. Selama Talk show Rosi kameramen selalu nampilin penonton yang berhijab pakai kacamata tapi tangkainya ga masuk ke kuping, jadi memakai kacamata di luar hijab which is yang di shoot teteh tetehnya pada geulis geulis juga. Ketauan kamerramen ngincer mojang ya..
  3. Ga nyangka dapet sertifikat loh, dibagikan panitia setelah closing acara di luar gedung. Jadi pas peserta keluar melalui barikade, sudah ada panitia yang menanti. Ide barikade ini menurutku keren. Jadi peserta ga amburadul pas keluar. Tertib.
  4. Pemenang kultwit #DroneJournalism dan berhak magang di KompasTV divisi News selama 2 bulan adalah kembar. Yang menang kakaknya, biasa dipanggil ‘Teteh Kaka’. Alumni UPI jurusan sastra Inggris. Doi memang dikenal aktif dan pinter di kampusnya. Anak akselerasi plus trainer club angklung. Selain pinter, doi juga Gooners, supporter club bola Arsenal. Pas maju untuk nerima hadiah aja pakai bajunya jersey kuning ngejreng Arsenal. Cocok banget kan buat menang dan jadi reporter mungkin nantinya. Good luck Kaka Teteh. (Info dari orang yang kenal sama doi, akunya mah ga kenal. Hehehe)
  5. Produk gratis yang berhasil aku dapat tanpa usaha; Majalah Cita Cinta Edisi Mei 2015 dan produk Marina Body Essence.
  6. Total ada mungkin sekitar 5 smartphone yang jadi hadiah dan 1 iPhone6. Aku bukan salah satunya.
  7. Selama acara berlangsung tidak ada larangan apapun selain tidak merekam atau mengambil gambar selama taping, dan jangan mondar mandir pas udah mulai.
  8. “All crew stand by. Floor stand by” Adalah kata yang dipakai sebelum taping oleh teteh FD Cobbyyulia.
  9. Komika Gilang Bhaskara tadinya cuma pake kaos oblong merah sebelum tampil, tapi pas udah naek panggung tinggal nambah jas doang penampilannya jadi look different.
  10. Aku curiga, rambut Bang Radit di sini udah sisiran belum sih, masa bulu ketek doang yang diblow.
  11. Bang Radit memang ga Open Mic, tapi penampilan Stand Up dari Bang Gilang di hari ke 2 sebelum dan setelah talk show Rosi cukup menghapus kekecewaan penonton. Entah bakal ditayangin juga apa ngga nantinya atau ini hanya pengisi jeda selama iklan, but he’s performance is better than any other omics. No adult content sih yang jelas
  12. Penyelenggara menyiapkan galon dan dispenser air minum lengkap dengan gelas plastiknya dan tempat sampah plastik besarnya yang bebas digunakan oleh siapa saja. Diletakkan pas di pintu masuk dalam tribun. Awesome. Ga usah ngeluh ga ada konsumsi ya namanya juga acara gratis. It’s more than enough !
  13. Aku juga suka merhatiin reporter yang melaporkan langsung dari tribun, mungkin untuk ditayangkan di Kompas Siang dan Petang *sotoy*. Sebelum take tetehnya hapal hapalin dulu apa yang ada di buku contekan kecilnya. Seru bisa liat proses liputan langsung.
  14. Pas Talk show Rosi hampir seluruh Rektor PTN Bandung datang, sempet ngarep jangan jangan Kang Emil juga diundang. 
  15. Sebelum nambah trivia ga penting lainnya, sebaiknya aku segera menutup postingan ini
  16. TAMAT

Eh belum tamat.
Aku tadinya mau nambahin saran apa yang bisa aku kasih untuk KompasTV, tapi kok aku ngerasa ini udah OKE BANGET acaranya. Dari mulai konten acara, fasilitas, jadwal, sampai hadiah hadiahnya. Ga ada yang perlu dikeluhkan selain antrian toilet yang panjaang di hari ke 2 dan itu pun bukan kekurangan yang perlu dikoreksi tapi hanya pengalaman nahan pipis yang lumayan.

Good Job KompasTV for Kompas Kampus. Semoga ada acara serupa yang ga kalah serunya dan kerennya di Bandung ini.  
KompasTV, memang Inspirasi anak muda. Eh, Inspirasi Indonesia maksudnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar